Rumusan Kompetensi Dasar Agama Islam
untuk SMP
Review Akhir 19 Desember
2012
KELAS
VII
KELAS
VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
.
|
1.1
Membaca Al Qur’an dengan tartil
1.2
Meyakini Kitab Suci Al Qur’an sebagai pedoman
hidup sehari-hari
1.3
Meyakini Nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir
zaman
1.4
Mengkonsumsi
makanan dan minuman yang
halal dan bergizi
dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman QS An-Nahl
(16):114 dan hadits terkait
1.5
Menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al
Maidah (5): 32 serta
hadits terkait
1.6
Melaksanakan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid
1.7
Melaksanakan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi
1.8
Melaksanakan puasa
Ramadhan dan puasa sunnah
sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1
Memiliki perilaku rendah hati, hemat,
dan hidup sederhana sebagai
implementasi dari pemahaman QS. Al Furqan (25): 63 , QS. Al
Isra’(17): 27 dan hadits terkait
2.2
Memiliki sikap menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman surat QS.
Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 dan hadits
terkait.
2.3
Menampilkan perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Al Qur-an
2.4
Menampilkan perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman
Rasul-rasul Allah SWT
2.5
Memiliki perilaku semangat menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
2.6
Meneladani semangat
ilmuwan muslim dalam menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Memahami kandungan QS. Al Furqan (25): 63,
QS. Al Isra’(17): 27,
Qs An Nahl (16):114, QS. Al Maidah (5): 90 –
91 dan QS. Al Maidah (5): 32 serta
Hadis terkait
3.2
Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah
3.3
Memahami makna beriman kepada Rasul –rasul Allah SWT
3.4
Memahami hikmah
shalat sunnah berjamaah dan munfarid
3.5
Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
3.6
Memahami hikmah puasa wajib dan sunnah
3.7
Memahami hikmah penetapan makanan dan minuman yang
halal dan haram berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Membaca QS. Al Furqan (25): 63,
Al Isra’(17): 27, QS An Nahl
(16):114, QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan Al Maidah (5): 32 dengan tartil
4.2 Mencontohkan perilaku yang
mencerminkan kesadaran beriman kepada
Al
Qur-an
4.3 Mencontohkan perilaku mencerminkan
kesadaran beriman Rasul-rasul Allah SWT
4.4 Mempraktekkan shalat
sunnah berjamaah dan munfarid
4.5 Mempraktekkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
4.6 Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah
|
KELAS IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1
Membaca Al Qur’an dengan tartil
1.2
Beriman kepada
Hari Akhir
1.3
Beriman kepada Qadha dan Qadar
1.4
Melaksanakan penyembelihan hewan berdasarkan ketentuan syariat Islam
1.5
Melaksanakan ibadah qurban dan aqiqah
sebagai implementasi dari surat al-Kautsar
1.6
Melaksanakan zakat fitrah dan
zakat mal
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1
Memiliki sikap optimis,
ikhtiar, dan tawakkal sebagai implementasi dari pemahaman QS Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali
Imran (3):159
serta hadits terkait.
2.2
Memiliki perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di
sekolah dan masyarakat sebagai
implementasi dari pemahaman QS. Al Hujurat (49):13, serta Hadits terkait.
2.3
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan kesadaran beriman kepada Hari
Akhir
2.4
Menampilkan perilaku yang mencerminkan kesadaran
beriman Qadha dan Qadar
2.5
Memiliki sikap empati, peduli,
dan gemar menolong kaum dhuafa sebagai implementasi dari pemahaman makna
ibadah zakat
2.6
Memiliki sikap mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman
kepada Hari Akhir
2.7
Memiliki sikap tawakkal kepada Allah sebagai implementasi dari
pemahaman iman kepada Qadha dan Qadar
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Memahami QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm
(53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159 tentang
optimis, ikhtiar, dan tawakal dan hadits terkait.
3.2
Memahami
QS. Al Hujurat (49):13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadist
terkait.
3.3
Memahami makna beriman kepada hari Akhir berdasarkan pengamatan
terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk
ciptaan Nya.
3.4
Memahami makna beriman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan
terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan Nya
3.5
Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam
3.6
Memahami hikmah qurban dan aqiqah
3.7
Memahami hikmah zakat
3.8
Memahami ketentuan haji dan umroh
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. .
|
4.1 Membaca QS. Az Zumar
(39):53, QS. An Najm (53): 39-42, QS. Ali Imran (3):159, dan QS. Al Hujurat
(49):13 dengan tartil.
4.2 Mencontohkan perilaku yang mencerminkan kesadaran
beriman kepada
Hari Akhir
4.3 Mencontohkan yang mencerminkan
kesadaran beriman Qadha dan Qadar
4.4 Memperagakan tata cara penyembelihan hewan dalam Islam
4.5 Mempraktekkan manasik haji
4.6 Mempraktekkan pelaksanaan zakat
4.7 Menceritakan
pengalaman berperan serta dalam
penyelenggaraan zakat di
lingkungan sekitar rumah.
4.8 Menceritakan pelaksanaan ibadah qurban di lingkungan sekitar
rumah.
4.9 Menceritakan sejarah perkembangan Islam di
Nusantara.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar