Kamis, 30 Mei 2013

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar PAI Kurikulum 2013



Rumusan Kompetensi Dasar Agama Islam untuk SMP
Review Akhir 19 Desember 2012
KELAS VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
.
1.1       Membaca Al Qur’an dengan tartil
1.2       Beriman kepada Allah SWT
1.3       Beriman kepada Malaikat-malaikat  Allah SWT
1.4       Melaksanakan  thaharah dalam kehidupan sehari-hari
1.5       Melaksanakan shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.6       Melaksanakan shalat Jum’at sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Al Jum’ah ayat 9
1.7       Melaksanakan shalat jama’ qashar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah

2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,  percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1       Memiliki perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim,  al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan QS Al- Mujadilah (58): 11 dan Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait
2.2       Memiliki perilaku ikhlas,sabar dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134, dan hadits terkait
2.3       Menampilkan perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Allah SWT
2.4       Menampilkan perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
2.5       Meneladani  perjuangan  Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1       Memahami  kandungan QS. Al- Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33 serta Hadits terkait tentang menuntut ilmu.
3.2       Memahami kandungan QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 serta hadits terkait tentang ikhlas,sabar dan pemaaf
3.3       Memahami  makna al-Asmaul-Husna:   Al-’Aliim, al-Khabiir, as-Samii’, dan al-Bashiir
3.4       Memahami makna  beriman kepada Allah SWT
3.5       Memahami makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
3.6       Memahami ketentuan thaharah
3.7       Memahami ketentuan shalat berjamaah
3.8       Memahami ketentuan shalat Jum’at
3.9       Memahami ketentuan shalat Jama’ Qashar
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

4.1       Membaca QS. Al- Mujadilah (58): 11, QS. Ar-Rahman (55):33 QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134dengan tartil
4.2       Mencontohkan perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Allah SWT
4.3       Mencontohkan  perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
4.4       Mempraktikkan tata cara thaharah dalam kehidupan sehari-hari
4.5       Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar
4.6       Mempraktikkan shalat berjama’ah
4.7       Mempraktikkan shalat Jum’at
4.8       Menjelaskan sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah



KELAS VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR

1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
.
1.1       Membaca Al Qur’an dengan tartil
1.2       Meyakini Kitab Suci Al Qur’an sebagai pedoman hidup sehari-hari
1.3       Meyakini Nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman
1.4       Mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman QS An-Nahl (16):114 dan hadits terkait
1.5       Menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran  sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 serta hadits terkait
1.6       Melaksanakan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid
1.7       Melaksanakan sujud  syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi
1.8       Melaksanakan  puasa Ramadhan dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam

2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1       Memiliki perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Furqan (25): 63 , QS. Al Isra’(17): 27 dan hadits  terkait
2.2       Memiliki sikap menghindari perilaku tercela  sebagai implementasi dari pemahaman surat QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 dan hadits terkait.
2.3       Menampilkan perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Al Qur-an 
2.4       Menampilkan perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman Rasul-rasul Allah SWT
2.5       Memiliki perilaku semangat menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
2.6       Meneladani semangat ilmuwan muslim dalam menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1       Memahami kandungan  QS. Al Furqan (25): 63, QS. Al Isra’(17): 27, Qs An Nahl (16):114,  QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 serta Hadis terkait
3.2       Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah
3.3       Memahami makna beriman kepada Rasul –rasul Allah SWT
3.4       Memahami  hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid
3.5       Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
3.6       Memahami hikmah puasa wajib dan sunnah
3.7       Memahami hikmah penetapan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits
4.    Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.1       Membaca QS. Al Furqan (25): 63, Al Isra’(17): 27, QS An Nahl (16):114, QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan Al Maidah (5): 32 dengan tartil
4.2       Mencontohkan perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Al Qur-an 
4.3       Mencontohkan perilaku mencerminkan kesadaran beriman Rasul-rasul Allah SWT
4.4       Mempraktekkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid
4.5       Mempraktekkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
4.6       Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah



KELAS IX       
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1    Membaca Al Qur’an dengan tartil
1.2    Beriman kepada Hari Akhir
1.3    Beriman kepada Qadha dan Qadar
1.4    Melaksanakan penyembelihan hewan berdasarkan ketentuan syariat Islam
1.5    Melaksanakan  ibadah qurban dan aqiqah sebagai implementasi dari surat al-Kautsar
1.6    Melaksanakan zakat fitrah dan zakat mal

2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,  percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1    Memiliki sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal sebagai implementasi dari pemahaman QS Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159 serta hadits terkait.
2.2    Memiliki perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Hujurat (49):13, serta Hadits terkait.
2.3    Menampilkan perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Hari Akhir
2.4    Menampilkan perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman  Qadha dan Qadar
2.5    Memiliki sikap empati, peduli, dan gemar menolong kaum dhuafa sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah zakat
2.6    Memiliki sikap mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari Akhir
2.7    Memiliki sikap tawakkal kepada Allah sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Qadha dan Qadar
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1    Memahami QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159  tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal dan hadits terkait.
3.2    Memahami QS. Al Hujurat (49):13  tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadist terkait.
3.3    Memahami makna beriman kepada hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan Nya.
3.4    Memahami makna beriman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan Nya
3.5    Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam
3.6    Memahami hikmah qurban dan aqiqah
3.7    Memahami hikmah zakat
3.8    Memahami ketentuan haji dan umroh
4.    Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. .
4.1  Membaca QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, QS. Ali Imran (3):159, dan QS. Al Hujurat (49):13 dengan tartil. 
4.2    Mencontohkan  perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Hari Akhir
4.3    Mencontohkan yang mencerminkan kesadaran beriman  Qadha dan Qadar
4.4    Memperagakan tata cara penyembelihan hewan dalam Islam
4.5    Mempraktekkan manasik haji
4.6    Mempraktekkan pelaksanaan zakat
4.7    Menceritakan pengalaman berperan serta dalam penyelenggaraan zakat di lingkungan sekitar rumah.
4.8    Menceritakan pelaksanaan ibadah qurban di lingkungan sekitar rumah.
4.9    Menceritakan sejarah perkembangan Islam  di Nusantara.

Tidak ada komentar: